Automoda.id – Sobat Automoda, siapa yang mengharapkan mesin tidak mau hidup khususnya untuk orang yang akan terlambat dalam bekerja, apa lagi pemilik mobil tersebut buta akan otomotif (memeriksa, merawat, memperbaiki). Namun, sobat automoda tak perlu khawatir, berikut automoda rangkum beberapa tips untuk mengatasi mobil yang sulit ketika di starter. Simak tipsnya ya sobat!

Pertama sobat dapat mencari tau system kelistrikan pada mobil apakah menggunakan konvensinal atau EFI (elektronik full injection). Jika di mobil sobat menggunakan sistem EFI, disarankan untuk tidak sesekali memperbaiki secara manual seperti konvensional, karena EFI perbaikan nya menggunakan scan injection yang hanya ada di bengkel atau dialer.

Ada dua masalah yang biasa terjadi pada mobil susah dihidupkan:
1) Aki yang yang sudah kurang bagus sistem kelistrikan nya.
2) Ada masalah di bagian pengapian, seperti terlalu rapatnya celah busi dan platina atau mungkin sudah dalam keadaan tidak baik. Sobat dapat mengecek aki tanpa harus memeriksa aki secara langsung dengan melihat indikator di samping kemudi apakah aki masih dalam keaadan yang baik atau rusak, dan air aki yang akan habis atau kosong.

Kemudian, bila mobil sobat termasuk konvensional,  sobat dapat memeriksa busi, platina, dan kondesor, dengan membersihkan nya menggunakan amplas agar debu atau benda apapun yang menempel hilang. Bila sudah selesai setel kerenggangan platina. Biasanya apabila sudah di bersihkan dan di setel platina sudah siap, bila platina masih dalam keadaan semula, cek ke bengkel atau anda dapat menggantinya.

Dan terakhir bila susah di stater pada system konvensional adalah karena bahan bakar dan udara pada system karburator kurang, dan sobat dapat membersihkan saringan dengan kuas atau sikat gigi. Bila setelah melakukan hal tersebut namun kendaraan anda masih saja sulit distarter, sebaiknya periksakan kendaraan sobat kebengkel terdekat untuk penanganan lebih lanjut. 

PRODUK BEST SELLER

COVER PREMIUM

COVER SUPERIOR

HELM PREMIUM

COVER MOTOR