Automoda.id – Sobat Automoda, pernah tidak sobat memperhatikan permukaan ban baru, pasti tampak adanya lapisan putih tipis di atas permukaan ban. Ternyata lapisan tersebut ada punya fungsi seperti pisau bermata dua Sobat. Menurut Aldrin, alah satu punggawa Rumah Ban Motor, menyebutkan bahwa biasa lapisan putih itu disebut lapisan lilin. Fungsinya agar kompon ban tidak rusak saat disimpan.
Lapisan lilin itu sendiri terbentuk dari proses pembuatan ban. Terjadi akibat proses pemasakan ban atau biasa disebut curing. Lapisan itu tidak lama akan hilang, khususnya ketika ban sudah mulai digunakan. Selain berwarna putih, lapisan lilin itu juga bisa sobat lihat jika toko menyimpan bannya dengan melapisi ban pakai plastik transparan.
Lapisan lilin itu seperti pisau bermata dua. Saat ban disimpan ia akan melindungi ban agar compound tidak mudah rusak. Namun, saat ban baru digunakan lapisan lilin yang melindungi ini justru punya efek negatif. Sebab lilin yang melapisi itu bisa membuat ban licin saat kontak dengan aspal. Makanya, inreyen ban diperlukan supaya lilin yang ada di ban hilang dan ban bisa mencengkram maksimal.

PRODUK BEST SELLER

COVER PREMIUM

COVER SUPERIOR

CAR ORGANIZER

PARFUM KOPI

Butuh Bantuan? Chat dengan kami