Automoda.id – Sobat Automoda, tidak berlebihan rasanya jika kita mengatakan bahwa saat ini, mobil bertransmisi otomatis sudah lebih populer dari yang bertransmisi manual. Tentu saja ini terjadi karena mobil bertransmisi otomatis mampu memberi cukup banyak kemudahan dan kepraktisan buat pengendaranya. Namun sobat perlu ketahui tenyata mengoperasikan mobil bertranmisi otomatis tidak boleh sembarangan lho sobat.
Dalam pengoperasian transmisi otomatis, hal yang paling penting adalah, setiap menggeser tuas transmisi ke posisi P, R, N, dan D, mobil harus pada posisi berhenti, tidak boleh sambil berjalan. Untuk pindah dari atau ke posisi P (Park/Parkir) ke R (Reverse/Mundur), ke N (Netral), dan ke D (Drive/Jalan), selalu injak pedal rem dan menekan tombol pengunci transmisi otomatis (bila ada atau dilengkapi).

Begitu tuas sudah di posisi P, R, N, dan D, baru angkat jari dari tombol pengunci dan lepas injakan kaki di pedal rem. Contoh mobil yang sedang melaju (tuas di posisi D) harus berhenti total dulu baru bisa pindah gigi ke posisi N, R, atau P. Contoh selanjutnya, mobil yang sedang mundur (tuas di posisi R) harus memastikan mobil berhenti dulu untuk pindah ke posisi P, N atau D.

Kemudian di saat mobil terjebak macet atau menunggu di lampu merah, jika mobil hanya berhenti sebentar, sekitar 10-20 detik, maka sobat tidak perlu menggeser tuas dari posisi D ke N, cukup injak pedal rem saja. Namun, jika mobil berhenti di jalan dalam waktu lama, atau lebih dari 30 detik, sobat bisa pindahkan tuas ke posisi N. Jangan lupa tarik tuas rem parkir untuk mencegah mobil bergerak sendiri akibat permukaan jalan yang miring.
Lalu jika Anda memerlukan tenaga untuk berakselerasi seperti menyalip kendaraan, sobat bisa melakukan kick down (menekan habis) pedal gas, atau ubah posisi gigi hingga putaran mesin berada di titik torsi dan tenaga optimal dengan cara menurunkan gigi lebih rendah (D3), overdrive off (OD/OFF), dan memanfaatkan mode manual. 
Terakhir, ketika melewati tanjakan, barulah sobat bisa gunakan gigi yang lebih rendah misalkan L atau 1 dan 2. Pastikan perpindahan ke gigi rendah tidak dalam kecepatan tinggi karena bisa menyebabkan over rev (putaran mesin terlalu tinggi) yang memperpendek umur mesin dan komponen di dalam girboks. 

PRODUK BEST SELLER

COVER PREMIUM

COVER SUPERIOR

CAR ORGANIZER

PARFUM KOPI

Butuh Bantuan? Chat dengan kami