Automoda.id – Sobat Automoda, menghabiskan waktu libur tahun baru, kerap dilakukan warga perkotaan. Tempat wisata atau kampung halaman jadi tujuan utamanya. Meski transportasi umum saat ini sudah banyak, namun kendaraan pribadi seperti mobil, masih menjadi pilihan. Alasannya, gampang jika hendak menuju ke tempat wisata lainnya.
Karena waktu libur yang cukup lama, beberapa pemilik mobil membawa barang bawaan yang sangat banyak. Terkadang, hingga melebihi kapasitasnya. Hal itu tentu sangat berbahaya bagi keselamatan mereka maupun pengguna jalan lainnya.
MenurutJusri Pulubuhu, Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan bahwa, jika bobot mobil berlebihan atau tidak sesuai dari rekomendasi pabrik, banyak kerugiannya, mulai dari faktor ekonomis sampai sisi keamanan.
Dari sisi ekonomis, beban kerja mesin semakin berat, bahan bakar lebih boros. Sementara dari segi keamanan, otomatis gaya gravitasi tidak sesuai, akhirnya jarak pengereman lebih panjang. Hal senada juga disampaikan Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. Menurut Didi, jika beban angkutan melebihi batas, bahan bakar lebih boros karena kerja mesin lebih berat. Selain itu, umur komponen seperti ban dan suspensi jadi lebih pendek.
Perlu diingat ya sobat, tekanan yang lebih rendah justru memperbesar kemungkinan terjadinya ban pecah selama di perjalanan. Oleh karena itu, rutinlah memperhatikan kondisi ban mobil sobat dengan melakukan pengecekan secara berkala sobat.

PRODUK BEST SELLER

COVER PREMIUM

COVER SUPERIOR

CAR MATTRESS

PARFUM KOPI

Butuh Bantuan? Chat dengan kami