Automoda.id – Sobat Automoda, ternyata mengendarai sepeda motor tidak semudah yang kita pikirkan. Banyak ketentuan yang harus ditaati oleh pengendara sepeda motor supaya nyaman dan aman saat berada di perjalanan. Salah satunya adalah posisi tubuh saat mengendari motor. Saat ini masih banyak pengemudi sepeda motor tidak mengetahui betapa pentingnya mengatur posisi tubuh saat berkendara.

Menurut Doddy Setiadi, Trainer khusus roda dua Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan bahwa jangan sampai kendaraan yang mengendalikan pengendara justru sebaliknya pengendaralah yang mengendalikan sepeda motor. Oleh karena itu,  mengatur posisi tubuh ketika berada di atas sepeda motor sangatlah penting. Setidaknya ada tiga anggota tubuh yang harus diperhatikan dan diatur terlebih dulu sebelum dan pada saat berkendara. Automoda akan mengulasnya seperti berikut ini.

1) Pandangan Mata

Selama mengendarai sepeda motor sebaiknya pandangan jauh ke depan supaya bisa melihat situasi dan sekitar area jalan. Pandangan ke depan itu minimal sejauh 10 meter, bila kendaraan yang jauh terlihat maka objek atau benda dekat pengendara pun akan terlihat jelas.

2) Posisi Jari-jari Tangan

Masih banyak pengemudi sepeda motor salah menggenggam stang atau hand grip. Tak heran jika pengendara mengeluh pergelangan tangannya terasa nyeri padahal baru sebentar mengendarai sepeda motor. Posisi jari-jari tangan yang benar dapat mengurangi rasa nyeri dan menambah keseimbangan. Memegang gas (hand grip) itu seperti memegang gagang pintu, kemudian satu atau dua jari itu berada di tuas rem. Perhatikan pula, kelingking harus melingkar, sebab jari yang paling kuat adalah kelingking karena ada otot besar yang menjalar ke tangan
3. Posisi kaki
Bagian tubuh lain yang harus diperhatikan adalah posisi kaki. Saat mengendarai sepeda motor, posisi kaki harus berada di deck dan telapak kaki lurus ke depan. Sedangkan pengendara sepeda motor sport, posisi paha harus menjepit tangki bahan bakar.
Demikian sobat ulasan tentang posisi bagian tubuh yang tepat ketika kita hendak mengendari motor. Perhatikan semua aspek keselamatan agar sobat tetap aman dimanapun sobat berkendara.

PRODUK BEST SELLER

COVER PREMIUM

COVER SUPERIOR

HELM PREMIUM

PARFUM KOPI

Butuh Bantuan? Chat dengan kami