Automoda.id – Sobat Automoda, saat liburan panjang, tak jarang pemilik motor harus meninggalkan kendaraan bermotor mereka di rumah. Masalah terkadang muncul saat sepeda motor hendak dipanaskan mesinnya.

Menurut Ade Rohman, Assistant Manager Technical Training PT Daya Adicipta Motora mengatakan, untuk menghidupkan mesin yang lama tidak dipanasi, mangkok pada karburator harus dilepas untuk membuang bensin yang kotor. Kemudian, engkol sepeda motor beberapa kali (minimal lima kali), dalam kondisi kunci kontak mati. Tujuannya, untuk mengalirkan bensin bersih dari tangki ke dalam mangkuk karburator.

Sebelum motor ditinggal berlibur, lepas kabel negatif aki untuk menghindari berkurangnya setrum. Jangan lupa pasang kembali, saat motor akan dihidupkan. Buka choke sampai ke posisi maksimal, lalu hidupkan sepeda motor (sebaiknya di engkol saja). Apabila disimpan sangat lama, ganti oli atau pelumas mesinnya. Apabila motor bebek atau sport, lumasi rantai roda beserta gear-nya.
Sedangkan untuk motor injeksi, disarankan pemilik kendaraan memasang kabel negatif pada baterai, dan hidupkan motor dengan cara diengkol. Apabila sepeda motor tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama, sebaiknya lepas kabel negatif baterai, pergunakan standar tengak, ganjal roda agar tidak menempel di lantai.

PRODUK BEST SELLER

COVER PREMIUM

COVER SUPERIOR

HELM PREMIUM

PARFUM KOPI

Butuh Bantuan? Chat dengan kami