Automoda.id – Sobat Automoda, kesal motor sulit menyala di pagi hari? Ada beberapa penyebab motor jadi susah dinyalakan di pagi hari lho Sobat! Permasalahan ini sering kali menimpa motor yang masih menggunakan sistem pembakaran jenis karburator. Ada 3 komponen yang sering menjadi akar masalah motor susah hidup di pagi hari. 
1. Karburator
Karburator yang mensuplai campuran udara dan bensin ke ruang bakar punya peran penting untuk menghidupkan mesin. Saat pagi hari, udara dingin biasanya membuat karburator kesulitan memberikan campuran udara dan bensin yang ideal ke ruang bakar. Ada baiknya saat mau menyalakan mesin di pagi hari dibantu dengan membuka tuas Choke. Dengan begitu proses pembakaran di mesin jadi lebih optimal saat baru dinyalakan.
2. Busi
Busi juga bisa jadi biang kerok saat motor sulit dinyalakan pagi hari. Apalagi busi yang digunakan sudah berumur, maka ini bisa bikin kinerjanya berkurang. Beberapa pabrikan juga mengisyaratkan ganti busi setelah 20.000 km pemakaian.
3. Celah Klep
Kapan terakhir kali motor sobat diatur kerenggangan celah klepnya? Pertanda motor pagi hari sulit dinyalakan bisa disebabkan karena jarang mengatur kerenggangan celah klep. Kalau celahnya terlampau renggang juga bisa bikin motor sulit menyala. Celah klep terlalu renggang bikin aliran bensin ke ruang bakar menjadi sedikit. Makanya mesin menjadi agak sulit dihidupkan.

Bagaimana kalau 3 komponen ini sudah dicek tapi motor masih susah dinyalakan?
Tandanya sudah waktunya buat lakukan servis menyeluruh motor kamu di bengkel Sobat! Sebab 3 hal yang sudah dijelaskan di atas cuma penyebab yang paling sering ditemui kalau motor susah menyala di pagi hari.

PRODUK BEST SELLER

COVER PREMIUM

COVER SUPERIOR

HELM PREMIUM

COVER MOTOR

Butuh Bantuan? Chat dengan kami