Automoda.id – Sobat Automoda, ban merupakan suatu komponen yang penting dalam sebuah kendaraan sehingga wajib dalam kondisi prima dan layak digunakan. Setiap akan memulai perjalanan, lakukan pengecekan pada komponen-komponen ban agar perjalanan yang sobat lakukan menjadi nyaman dan aman. Untuk itu, ada hal hal yang harus sobat perhatikan agar performa ban kendaraan sobat selalu dalam kondisi prima.
1) Tekanan Angin Ban
Tekanan angin ban harus disesuaikan dengan muatan atau dianturkan untuk mengikuti standar yang telah ditetapkan, tidak boleh kurang atau lebih. Ini terkait dengan semakin luasnya kontak area telapak ban dengan permukaan jalan guna menghasilkan daya cengkeram maksimal. Bila hal ini diperhatikan dengan baik, maka usia ban akan lebih lama dan tentunya lebih aman dalam berkendara.
2. Beban
Menyesuaikan antara kemampuan bobot maksimal ban dengan bobot barang yang diangkut menjadi sebuah keharusan. Oleh karenanya, sangat disarankan agar muatan tidak melebihi kemampuan maksimal ban. Jika dilanggar, maka keamanan saat berkendara menjadi taruhannya.
3. Kecepatan
Bila muatan penuh, maka harus ada toleransi terhadap kecepatan kendaraan. Semakin berat muatan maka akselerasi maupun pengereman harus diperhatikan. Semakin berat beban mobil, maka daya cengkereman ban semakin berkurang. Solusi terbaik yang bisa sobat lakukan adalah kecepatan kendaraan harus dikurangi agar tetap aman selama diperjalanan.
4. Gaya mengemudi
Gaya mengemudi agresif sangat tidak diperkenankan saat mengemudi. Beban berat pada kendaraan membuat mobil mudah hilang kendali menjadi penyebab utama. Selain itu, padatnya jalan akan membahayakan keselamatan pengguna jalan lain. Ikuti aturan lalu lintas dan selalu waspada pada kondisi sekitar menjadi kunci utama.

PRODUK BEST SELLER

COVER PREMIUM

COVER SUPERIOR

CAR ORGANIZER

PARFUM KOPI

Butuh Bantuan? Chat dengan kami