Automoda.id – Sobat Automoda, selain mesin, transmisi juga merupakan salah satu komponen mobil yang perlu dilumasi. Sama seperti mesin, akan ada bahaya yang mengintai jika kita telat mengganti oli transmisi. Penggantian oli transmisi secara rutin pada mobil menjadi hal wajib untuk menjaga kinerja komponen ini selalu tetap optimal sobat. Namun ternyata, tidak sedikit pemilik mobil yang malah menyepelekan penggantian oli transmisi otomatis.
Jika Anda telat melakukan penggantian oli transmisi, maka kinerja transmisi akan menjadi kasar. Itu bisa dirasakan saat terjadi perpindahan, akan ada hentakan yang terasa, atau bisa juga tuas transmisi jadi terasa lebih berat saat dioperasikan. Hal itu dikarena senyawa yang terkandung di dalam oli akan berubah dalam rentang waktu selama pemakaian yang menyebabkan daya lubrikasi berkurang. Jika sobat tidak rutin atau jarang melakukan penggantian oli transmisi, risiko kerusakan transmisi otomatis akan terjadi.
Ketika daya lubrikasi oli mulai berkurang, antar komponen yang bergesek akan menimbulkan partikel atau serpihan kotoran. Partikel ini akan tercampur dengan kandungan oli yang senyawanya sudah jelek. Biasakan untuk mengganti oli transmisi secara tepat waktu karena jika oli lama tidak diganti, lama kelamaan campuran ini akan mengendap di bak oli transmisi jadi seperti endapan lumpur. Endapan inilah yang menjadi penyebab kerusakan pada komponen di dalam gearbox.
Pasalnya saat transmisi otomatis bekerja, maka endapan ini akan bersirkulasi kembali melumasi komponen di dalam girboks.  Yang terjadi adalah, komponen terlumasi dengan endapan ini dan menimbulkan gesekan berlebih sampai pengikisan. Lebih parahnya, komponen di dalam gearbox seperti sleeve clutch atau gear bisa aus bahkan jebol. Kalau sudah sampai begitu mau tidak mau di-overhaul dan dilakukan penggantian komponen.

Oleh karena itu, rutinlah merawat mobil dengan mengganti oli transmisi secara berkala ya sobat. Sehingga mobil kesayangan sobat menjadi terawat dan nyaman saat digunakan.

PRODUK BEST SELLER

COVER PREMIUM

COVER SUPERIOR

AMERICAN MAGIC POLISH

PARFUM KOPI

Butuh Bantuan? Chat dengan kami