Automoda.id – Sobat Automoda, terkadang pemilik kendaraan bermotor, khususnya mobil sering lupa dengan merawat aki. Padahal, komponen tersebut sama seperti yang lain, yaitu membutuhkan perawatan agar kinerjanya tetap maksimal. Sebab, fungsi dari aki sendiri sebagai penyuplai listrik ke berbagai komponen. Oleh sebab itu, agar usia pakainya awet, maka disarankan untuk sobat selalu mengecek atau memperhatikan kondisinya.

Ibarat ponsel, aki ini merupakan baterai sehingga perlu perawatan dan pengecasan. Hitunglah usia pakai aki dari awal membeli dan cara melakukan perawatannya tidak sulit sehingga tentunya dapat dilakukan sendiri.

Berikut tips untuk sobat pemilik mobil agar dapat merawat aki mobil kesayangan:
1) Jaga voltage accu di 12V dengan cara jangan menambah beban standar pada aki.

2) Pada saat berhenti parkir, pastikan lampu-lampu kendaraan dalam keadaan mati.

3) Apabila mobil tidak lama digunakan, pastikan setiap tiga hari sekali mesin dinyalakan kira-kira 15 menit, agar aki tersebut mendapatkan pengisian dari alternator.

4) Bersihkan terminal aki dari kotoran dengan menggunakan air panas, kemudian lap lagi sampai kering.

5) Terakhir, bisa juga melepas kabel aki pada saat mobil tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk aki jenis basah tidak ada patokan berapa kilometer mesti diisi air, yang penting perhatikan saja level air pada aki. Apabila ada di bawah garis level segera diisi, karena jika tidak akan mengakibatkan elemen aki menjadi rusak.

PRODUK BEST SELLER

COVER PREMIUM

COVER SUPERIOR

COVER ADVANCED

PARFUM KOPI

Butuh Bantuan? Chat dengan kami