Automoda.id – Sebelum memulai perjalanan, selain mengecek tekanan angin pada ban, tentu saja sobat juga harus memeriksa setiap komponen yang terdapat di bagian mesin mobil sobat. Jika sobat mengabaikan pengecekan di bagian mesin, bukan tidak mungkin kalau sobat akan mendapatkan masalah saat berkendara. Walaupun melakukan pemeriksaan bagian mesin mobil membutuhkan waktu yang agak lama, namun hal ini cukup penting mengingat mesin juga menjadi salah satu komponen utama bagi mobil kesayangan sobat. Tapi kabar baiknya, dari sekian banyak komponen yang terdapat di bagian mesin mobil, ada empat yang wajib untuk diperiksa setiap hari.
1. Bagian Oli Mesin
Waktu terbaik untuk memeriksa oli mesin mobil sobat adalah ketika mesin masih dalam kondisi dingin, artinya ketika mesin dalam kondisi mati. Karena ketika mesin dalam kondisi mati, maka oli sedang berada di posisi yang normal, sehingga kita bisa mengetahui dengan jelas seberapa banyak volume oli yang tersisa melalui dipstick oil.
2. Oli Transmisi
Jika mobil sobat menggunakan transmisi otomatis, pengecekannya perlu dilakukan dengan cermat agar komponen ini bisa beroperasi dengan baik. Pemeriksaan oli transmisi sama sederhananya seperti mengecek oli mesin.
3. Air Radiator
Penting untuk memeriksa volume air radiator. Proses memeriksanya cukup dengan lihat saja ketinggian air di tabung cadangan (resevoir). Pastikan berada di antara batas terendah dan tertinggi. Tambahkan bila ketinggian air mendekati level terendah.
4. Aki Mobil
Terakhir yang juga cukup penting adalah memeriksa aki mobil. Cara mudah mengecek aki adalah menggunakan voltmeter yang dihubungkan ke terminal plus dan minus aki. Periksa juga jumlah cairan elektrolit di dalam aki, jika sobat menggunakan jenis aki biasa.

PRODUK BEST SELLER

COVER PREMIUM

COVER SUPERIOR

COVER MOTOR

PARFUM KOPI

Butuh Bantuan? Chat dengan kami