Automoda.id – Sobat Automoda, saat musim hujan tiba, pasti sobat sering menjumpai beberapa ruas jalan yang kerap tergenang banjir. Idealnya, mobil digunakan pada permukaan kering dan mulus, namun ada kalanya sobat terpaksa harus melewati jalan tergenang banjir karena tidak punya pilihan lain selain melaluinya. Agar kendaraan aman, terutama mobil yang bertransmisi otomatis melewati genangan banjir, Automoda merangkum beberapa cara agar sobat yang memiliki mobil bertransmisi otomatis tetap aman melewati terjangan banjir.
Hal yang harus diperhatikan adalah ketinggian genangan air. Pastikan bahwa genangan tetap aman untuk mesin mobil dengan mengamati kondisi sekeliling. Jika tinggi genangan udah melebihi 1/2 diameter roda jangan teruskan, namun jika di bawah ukuran itu silahkan teruskan. Mobil bertransmisi otomatis sebenarnya memiliki desain tertutup sehingga relatif aman untuk menerjang genangan air. Namun, bukan berarti bisa sembarangan untuk menerobos genangan air.
Saat menyibak genangan air, mobil harus dijalankan perlahan, tujuannya supaya air tidak sampai naik ke air intake dan tidak sampai merendam breather transmisi matik. Breather sebenarnya dirancang untuk tidak kemasukan air walau dalam posisi terendam sekalipun, namun bisa saja karena umur dan kondisi yang tak lagi prima, membuat air masuk melalui bagian tersebut. Sobat dapat memposisikan tuas transmisi di gigi rendah yakni pada posisi L (low) atau 1. Pada posisi ini tenaga mesin cukup besar dan kuat menerjang banjir, tujuan lainnya supaya mobil tetap bergerak konstan dalam posisi kecepatan rendah.
Banyak yang mengkhawatirkan knalpot yang terendam air akan merusak mesin. Tetapi, sejauh mesin tetap menyala, abaikan air yang merendam knalpot. Air tidak akan masuk ke dalam knalpot karena terdapat tendangan gas buang dari kompresi dari ruang bakar. Setelah melewati genangan, pertahankan transmisi pada posisi rasio gear terendah sembari melakukan pengereman beberapa saat. Tujuannya supaya kampas rem yang basah saat terendam air di genangan, lekas kering dan kembali berfungsi normal.   

PRODUK BEST SELLER

COVER PREMIUM

COVER SUPERIOR

SEALANT WAX COATING

PARFUM KOPI

Butuh Bantuan? Chat dengan kami