Automoda.id – Sobat Automoda, saat libur panjang seperti momen libur natal dan tahun baru, tidak semua warga perkotaan mau menggunakan kendaraan pribadi mereka untuk bepergian ke kampung halaman atau kawasan wisata. Beberapa ada yang memilih menyewa mobil atau menggunakan pesawat terbang. 

Alhasil, mobil pribadi tidak terpakai dan harus ditinggalkan di rumah. Karena waktu berliburnya cukup lama, beberapa orang mengira, melepas kabel aki adalah langkah yang tepat untuk mencegah berkurangnya catu daya.

Menurut Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, melepas kabel aki dalam jangka waktu lama bisa berdampak pada fitur yang ada di mobil. Secara umum, aki berkurang tiga persen setiap hari dari kapasitasnya saat terpasang. 
Kira-kira kurang dari sepuluh hari, masih aman mobil ditinggal tanpa dilepas. Efek terburuk aki dilepas adalah pengaturan radio atau jam digital akan berubah, selain alarm tidak berfungsi. Lalu selain itu, melepas kabel aki dalam jangka waktu lama akan memengaruhi kinerja mesin.

PRODUK BEST SELLER

COVER PREMIUM

COVER SUPERIOR

COVER ADVANCED

PARFUM KOPI

Butuh Bantuan? Chat dengan kami